KOLABORASI YAYASAN PENABULU DAN TANI HUB GROUP UNTUK PERTANIAN INDONESIA

JUMAT – 13 AGUSTUS 2021, Yayasan Penabulu dan Tani Hub Group (TaniFoundation) bersama – sama menyelenggarakan kick-off meeting perdana sebagai bentuk kerjasama pelatihan pertanian.

Yayasan Penabulu bersama Tani Hub Group (Tani Foundation) menyelenggarakan kick-off meeting secara virtual pada Jumat, 13 Agustus 2021 sebagai bentuk kolaborasi untuk mendukung program ECHO Green dalam hal pengembangan pertanian yang inklusif dan berkelanjutan bagi kelompok petani perempuan dan generasi muda tani di tiga kabupaten sasaran program ECHO Green.

“Promoting Green Economic Initiatives by Women and Youth Farmers in the Sustainable Agriculture Sector in Indonesia (ECHO Green)” adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Yayasan penabulu bersama Konsorsium pendukung Sistem Hutan Kerakyatan (KpSHK), Konsil LSM Indonesia dan ICCO Cooperation yang didanai oleh Uni Eropa senilai €950.000 atau Rp 16.6 miliar dan bekerja di tiga kabupaten di Indonesia, yaitu Padang Pariaman (Sumatera Barat), Grobogan (Jawa Tengah) dan Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat).

Dida Suwarida, National Program Manager ECHO Green, mengatakan bahwa Yayasan Penabulu khususnya program ECHO Green memiliki tujuan yang sama dengan Tani Hub Group (TaniFoundation) untuk mensejahterakan pertanian Indonesia. Ia juga berharap kerjasama ini bisa berjangka panjang dan memberikan dampak sosial yang lebih luas lagi.

Setyo Dwi Herwanto, sebagai Direktur Institut Riset Yayasan Penabulu, mengatakan bahwa dirinya sependapat dengan pernyataan sebelumnya yang sama – sama berharap kerjasama ini dapat terus terjalin dan semoga bisa dilakukan dengan program – program lainnya yang ada di Yayasan Penabulu.

Selanjutnya Deeng Sanyoto sebagai Head of Partnership and Social Impact Tani Hub, mengatakan bahwa Kami (Tani Hub) bertujuan untuk mendukung petani dengan menyelesaikan tiga masalah terbesar melalui teknologi, akses ke pasar, akses ke modal dan akses ke persediaan.

“Tidak hanya capacity building yang ingin kita capai tetapi kita juga berharap dapat memberikan dampak sosial yang luas (Social Impact). Dan kita percaya apapun skill yang dimiliki bisa berkontribusi untuk pertanian Indonesia dan mengembangkan pertanian yang lebih baik lagi”

Selanjutnya, tujuan dari kolaborasi antar Yayasan Penabulu dengan Tani Hub Group dalam mengadakan pelatihan Pertanian untuk mendukung program ECHO Green, yaitu mewujudkan:

  • Daya Tahan Petani (Farmers’ Resilience) dimana Tani Foundation berupaya mewujudkan petani yang mampu meningkatkan skala usaha mereka di tengah tantangan pasar dan iklim.
  • Peningkatan Kualitas Pertanian (Improved Agricultural Quality) dimana TaniFoundation berupaya mewujudkan petani yang mampu menghasilkan produk pertanian dalam kualitas dan kuantitas yang baik dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini dalam pertanian.
  • Ekosistem yang kolaboratif dan berkelanjutan (Collaborative and Sustainable Ecosystem) dimana TaniFoundation berupaya mewujudkan petani yang mampu berkolaborasi dengan pihak – pihak terkait untuk meningkatkan skala usaha, kualitas/kuantitas produksi, serta kesejahteraan mereka.