Serangkaian Persiapan Program ECHO Green

Pada tanggal 5 Februari 2020 Kick-off meeting program ECHO Green telah dilaksanakan sebagai tanda bahwa pelaksanaan program sudah dapat dimulai.

Dalam mempersiapkan pelaksanaan program, serangkaian proses dilakukan, diantaranya: penyusunan rencana kerja, penyusunan mekanisme prosedur pelaksanaan, dan menyamakan pemahaman program hingga tingkat Koordinator Kecamatan.

Proses penyusunan rencana kerja dan mekanisme prosedur pelaksanaan dilakukan di kantor masing-masing mitra (KpSHK dan Konsil LSM Indonesia) pada tanggal 19 – 20 Februari 2020. Hasil dari diskusi penyusunan rencana bersama tersebut dijadikan sebagai kesepakatan bersama dalam dokumen ikatan kerja.

Kemudian pada tanggal 4 – 6 Maret 2020 proses persiapan dilanjutkan dengan Inception Workshop, dimana kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan pemahaman program hingga tingkat Koordinator Kecamatan. Kegiatan dilakukan secara intensif selama 3 hari di Swiss-Belresidences Kalibata, Jakarta.

Hari pertama, kegiatan Inception Workshop diisi dengan agenda pemaparan gambaran umum program ECHO Green yang dilakukan oleh Dida Suwarida selaku National Project Manager. Kemudian dilanjutkan dengan pembekalan dari para narasumber terkait konteks akses perempuan dan pemuda dalam sektor pertanian berkelanjutan yang diisi oleh Lily Batara, dan tata ruang dan tata guna lahan yang diisi oleh Agung Wijaya. Pada sesi terakhir, diisi dengan agenda pemaparan ketentuan publikasi program ECHO Green dan pelatihan fotografi yang diisi oleh Nurul Chotimah selaku Communication Officer.

Hari kedua, kegiatan dilakukan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang dibagi menjadi 2 kelas yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, dimana masing-masing kelas memiliki bahasan materi dan peserta diskusi yang berbeda. Kelas yang dipimpin oleh Rado Puji Santoso selaku Monitoring, Evaluation, Accountability, and Learning Officer membahas tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan serta jadwal pelaksanaan kegiatannya. Sasaran peserta dari kelas ini adalah tim pelaksana program yang terdiri dari Project Manager dan Sub-district Coordinator. Sementara kelas yang lain dipimpin oleh Ratna Dwi Puspitasari selaku Finance and Grant Manager yang membahas tentang sistem pengelolaan hibah, dengan sasaran pesertanya adalah Finance Manager.

Kegiatan Inception Workshop ditutup pada hari ketiga dengan kegiatan interaktif yang difasilitasi oleh Budi Susilo. Peserta workshop dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan area lokasi kerja program, yaitu tim Lombok Timur, tim Padang Pariaman, dan tim Grobogan. Dimana peserta diminta untuk menggambarkan pemahaman yang didapat dari workshop terkait program ECHO Green sesuai dengan wilayah kelompok masing-masing dalam sebuah kanvas.