ToT Teknis Pertanian Berkelanjutan ECHO Green X Tani Foundation

JUMAT – 20 AGUSTUS 2021, Proyek ECHO Green menyelenggarakan pelatihan teknis pertanian berkelanjutan bagi tim SDC (Sub District Coordinator) & Tenaga Ahli Pertanian bersama Tani Foundation dan Universitas Padjajaran

 

“Promoting Green Economic Initiatives by Women and Youth Farmers in the Sustainable Agriculture Sector in Indonesia (ECHO Green)” adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Yayasan penabulu bersama Konsorsium pendukung Sistem Hutan Kerakyatan (KpSHK), Konsil LSM Indonesia dan ICCO Cooperation yang didanai oleh Uni Eropa senilai €950.000 atau Rp 16.6 miliar dan bekerja di tiga kabupaten di Indonesia, yaitu Padang Pariaman (Sumatera Barat), Grobogan (Jawa Tengah) dan Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat).

 

Program ini bertujuan untuk mempromosikan inisiatif ekonomi hijau oleh petani perempuan dan generasi muda di sektor pertanian berkelanjutan dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, kesempatan kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kegiatan utama dari proyek ini adalah: (1) Untuk memperkuat efektivitas keterlibatan perempuan dan pemuda dalam tata ruang desa dan tata guna lahan, (2) Meningkatkan praktik pertanian berkelanjutan kelompok tani perempuan dan pemuda di 3 kabupaten sasaran di 3 provinsi di Indonesia; Padang Pariaman (Sumatera Barat), Grobogan (Jawa Tengah) dan Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat) periode Januari 2020 hingga Desember 2022.

 

Untuk mendukung tujuan tersebut, Program ECHO Green melakukan kolaborasi dengan TaniFoundation; sebuah organisasi yang bergerak dalam mewujudkan kegiatan pertanian yang efektif, efisien, dan ramah lingkungan guna meningkatkan kesejahteraan petani. Kolaborasi dilakukan melalui capacity building berupa pelatihan untuk peningkatan pengetahuan dan kapasitas tim internal Echo Green dan petani di wilayah kerja Echo Green sehingga dapat memperoleh pengetahuan baru yang akan meningkatkan produktivitas pada masa persiapan cocok tanam, masa cocok tanam, dan masa panen dan pasca panen.

 

Train of Trainers yang diadakan hari ini disampaikan oleh Universitas Padjajaran bertujuan untuk membekali tim ECHO Green (Project Manager, Sub District Coordinator dan Tenaga Ahli pertanian) masing-masing wilayah dengan materi yang membahas praktik pertanian sesuai standar Good Agriculture Practice, metode budidaya tanaman mulai dari persemaian hingga panen. Materi meliputi teknik persemaian yang baik, perawatan tanaman, pemupukan, irigasi dan pengairan, benih unggulan dari berbagai komoditas, panen, dan penanganan pasca panen dan juga mengenai pengaruh iklim dan cuaca terhadap komoditas pertanian  yang disampaikan oleh Universitas Padjajaran. 

Peserta akan menerima arahan mengenai cara penyampaian materi kepada petani. Kegiatan ini selanjutnya diharapkan dapat memperkuat pemahaman tim internal Echo Green dalam melakukan pendampingan terhadap penerima manfaat khususnya petani.