Train of Trainers Teknis Pertanian: Membahas Permodalan Usaha Tani oleh Universitas Padjajaran

SENIN – 23 AGUSTUS 2021, Train of Trainers Teknis Pertanian oleh Universitas Padjajaran sebagai narasumber yang diselenggarakan oleh Proyek ECHO Green bersama Tani Foundation untuk tim SDC (Sub District Coordinator) & Tenaga Ahli Pertanian

Train of Trainers yang diselenggarakan oleh ECHO Green bekerjasama dengan Tani Foundation dan Universitas Padjajaran, Bandung. Kegiatan kali ini terdiri dari 2 sesi pembahasan. Sesi pertama disampaikan oleh Eliana Wulandari ,SP., MM, Dosen Universitas Padjajaran dan Zumi Saidah, SP.,M.Si., Dosen Universitas Padjajaran mengenai perencanaan keuangan dan potensi pasar. Serta sesi kedua mengenai media tanam yang disampaikan oleh Apong Sandrawati, S.P., M.Si. & Nadia Nuraniya Kamaludin, S.P., M.Agr., Ph.D.

Pada sektor pertanian, modal merupakan hal yang krusial dan penting dalam hal usaha tani karena modal sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas produk. Namun, kenyataan dilapangan tidak semua petani memiliki modal yang cukup dan juga kemampuan menjangkau sumber – sumber permodalan masihlah sangat terbatas. Terutama pada petani yang memiliki lahan sempit dan kuantitas produksinya masih rendah.

Oleh karena itu, Penting sekali Untuk menjembatani GAP antara pertanian dengan lembaga keuangan khususnya mengenai perkreditan. Kredit Usaha Rakyat atau KUR adalah pinjaman modal kerja yang diberikan kepada individu/badan usaha/kelompok yang dinilai memiliki usaha produktif dan layak. Namun lebih khususnya lagi, kredit ini diberikan kepada mereka yang berhak karena dianggap tidak memiliki agunan atau jaminan tambahan untuk mengajukan pinjaman secara konvensional. Pada dasarnya, kredit bantuan pemerintah ini berbeda dengan pinjaman usaha lainnya sebagaimana suku bunga KUR nya yang sangat rendah. Ketika akan mengajukan KUR, setiap pemilik usaha wajib memenuhi seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, lebih detail lagi pada pembahasan media tanam, narasumber menyampaikan dasar  ilmu tanah seperti: jenis – jenis tanah, cara perlakuan pada tanah dan juga mengenai kesuburan tanah yang berperan penting pada keberhasilan produksi dan perlu diperhatikan.